Selasa, 08 Juli 2014

Cara Membuat Tuna Tartare Saus Yuzu & Wasabi Dengan Cepat Dan Sehat


Tuna tartare adalah hidangan yang terbuat dari ikan tuna mentah yang telah dipotong kecil-kecil sebelum disajikan. Terkadang bisa di potong-potong dadu, atau potong acak, atau diiris. Seringkali, dibumbui dengan menambahkan minyak, rempah-rempah, dan bumbu lainnya, tetapi kali ini yang kita bahas adalah Cara Membuat Tuna Tartare Saus Yuzu & Wasabi Dengan Cepat Dan Sehat, hahahaha.... tenang saja, cara membuat nya tidak sepanjang judul nya, dan yang akan kita buat kali ini adalah Tuna tartare dengan saus sari jeruk dan wasabi jadi mari kita langsung menuju bahan-bahan nya :



Bahan :

  • ½ buah mangga yang sudah di kupas
  • 8 ons  nanas segar
  • 1 atau 2  sendok teh pasta wasabi (tergantung selera)
  • 2  sendok makan sari jeruk (jeruk mandarin),  ATAU  1  sendok makan sari jeruk bali + 1 sendok makan sari jeruk limau. (inilah Yuzu nya / saus nya).
  • 1  sendok teh kecap ikan.
  • ½ sendok teh bubuk cabai merah / 1 buah cabai rawit.
  • ½ sendok teh garam.
  • 12  ons  Daging ikan tuna segar,  kuliti dan di potong dadu 1½ cm.
  • Lada Hitam (sesuai selera).
  • ½ buah mentimun, kupas, bersihkan biji nya, dan potong kotak-kotak ½ cm.
  • Beberapa daun ketumbar kecil.

Cara Membuat Tuna Tartare Saus Yuzu & Wasabi Dengan Cepat Dan Sehat :

  1. Potong daging mangga kecil-kecil (sekitar ½ cm) dadu. dan sisakan 3 sendok makan potongan-potongan mangga. 
  2. Pisahkan sekitar sepertiga dari nanas dan potong dadu kecil, ukuran yang sama dengan dadu mangga. Kombinasikan potongan mangga dan potongan nanas. Taruh dalam mangkuk.
  3. Cacah kasar sisa nanas dan masukan dalam blender bersama dengan potongan-potongan mangga yang di sisakan dan, masukan juga wasabi nya. Blender sampai halus. Tambahkan jus yuzu (atau jus jeruk ditambah air jeruk nipis), kecap ikan, bubuk cabai, dan garam. blender sedikit lagi untuk menggabungkan rasa. Hasil campuran harus tajam dan sedikit manis, tambahkan mangga lagi jika di rasa ingin lebih manis.
  4. Taruh potong dadu tuna dalam mangkuk dan bumbui dengan garam dan merica
  5. Tambahkan jus yuzu nya, potong dadu mangga, dan ketimun dadu, dan aduk sedikit agar dadu dadu ikan dan buah nya tercampur rata. 
  6. Segera pindahkan ke piring datar. 
  7. Tempatkan titik-titik kecil pasta wasabi dalam pola acak atas ikan tuna
  8. Taruh beberapa mangga potong dadu dan nanas di atas ikan, dan dadu mentimun di atas buah. Hias dengan daun ketumbar.
  9. Dan siap di sajikan
Bagi anda penggemar daging tuna, Tuna tartare ini akan sangat menyegarkan karena rasanya yang manis dan asam, dan juga daging tuna sangat lah sehat apalagi dalam keadaan belum di masak/mentah, demikianlah Cara Membuat Tuna Tartare Saus Yuzu & Wasabi Dengan Cepat Dan Sehat, selamat mencoba dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar